5 Makanan Khas Jawa

Makanan khas Jawa Tengah memiliki kelezatan tersendiri. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali makanan khas yang lezat dan wajib kalian dicoba.

Mulai dari makanan manis dan pedas, semuanya akan membuat siapa saja tergiur dengan ke lezatnya. Di setiap kota atau kabupaten pasti terdapat ciri khas kuliner masing-masing.

Lantas, apa saja makanan khas Jawa yang terkenal lezat dan enak?

1. Pecel lele
Pecel lele atau pecek lele di Indonesia adalah nama sebuah makanan khas Jawa yang terdiri dari ikan lele yang di goreng kering dan sambal tomat. Biasanya dimaksud adalah ikan lele yang di goreng kering dengan minyak lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan biasa dari kemangi, kubis, mentimun dan kacang panjang. Di beberapa daerah memiliki julukan yang berbeda-beda, di Jember biasanya di sebut pecek lele, Malang menyebutnya lalapan lele. Biasanya penyajian pecel lele seperti penyajian pada ikan gurami, nila dll. yaitu sambal khas dengan aroma terasi yang sedap, sayur lalapan seperti kacang panjang, timun, kemangi yang sudah di cuci bersih. Warung pecel lele banyak berdiri di kota atau pinggir jalan dengan sebutan PKL, lesehan lalapan pecek lele dan di beberapa kampus seperti di Jawa banyak berdiri untuk melayani pelajar karena harganya tergolong murah. Penjual pecel lele biasanya merupakan warga perantauan yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur.

2.Siapa si yang tidak mengenal mendoan?
Mendoan merupakan salah satu makanan khas berasal dari Kabupaten Banyumas yang merupakan salah satu wilayah kerja KPKNL Purwokerto.

Bahan dasar pembuatan mendoan adalah tempe, tempe sendiri merupakan hasil olahan dari kedelai melalui proses fermentasi. Manfaat tempe sendiri sangat banyak antara lain membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak karena memiliki protein tinggi, menurunkan risiko osteoporosis karena memiliki kalsium yang tinggi, mencegah anemia, menangkal reaksi radikal bebas dan membantu menurunkan berat badan.

Cara membuat mendoan cukup mudah, mau tahu caranya? Yuk ikuti langkah-lngkah yang ada di bawah ini,

Bahan;

500g tempe iris tipis

Minyak goreng

Bumbu perendam;

Air 200 ml

2 siung bawang putih haluskan

½ sdt ketumbar bubuk

½ sdt garam

Tepung pelapis

300g tepung terigu

2 sdm tepung kanji

100 g tepung beras

Air secukupnya

6 siung bawang putih dihaluskan

4 batang daun bawang diiris kecil-kecil

Langkah-langkah pembuatannya tempe diiris-iris tipis kemudian di masukkan ke pencelup lalu masukkan ke tepung pelapis kemudian di goreng menggunakan api sedang. Mendoan siap dinikmati dengan sambal kecap pedas.

Demikian sekilas tentang mendoan yang rasanya nikmat dan memiliki gizi yang sangat tinggi.

3.Tahu Gimbal

Salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang wajib kamu coba adalah tahu gimbal. Tahu Gimbal adalah makanan khas Semarang yang sangat populer karena rasanya yang unik dan enak.

Walaupun namanya tahu gimbal, makanan ini memiliki isian farian lainnya. Ada irisan kol mentah, telur, tauge, lontong, dan gimbal. Gimbal adalah makanan yang terbuat dari udang yang digoreng kering dengan tepung dan memiliki rasa yang sangat gurih.

Tahu gimbal ini sekilas akan terlihat seperti gado gado. Seluruh isian tahu gimbal yang tercampur dan siap dihidangkan, akan disirami oleh bumbu kacang yang khas karena dibuat dengan petis udang sehingga rasanya sangat nikmat.
Bumbu kacang yang digunakan untuk tahu gimbal dibuat lebih cair atau encer dibandingkan dengan makanan lain yang menggunakan saus kacang juga.

Kira-kira kamu akan suka tidak ya dengan tahu gimbal? Menikmati tahu gimbal paling cocok jika di lengkapi dengan kerupuk sambil minuman es teh tawar loh! Wah, pasti kamu akan ketagihan jika sudah mencobanya.

4.Lumpia Semarang

Apakah kamu tau Ibukota dari Jawa Tengah? Yap! Semarang. Kota Semarang memiliki berbagai macam-macam makanan khas loh. Salah satu makanan yang khas Semarang adalah lumpia goreng. Makanan yang biasa dijadikan sebagai snack saat ada acara-acara besar.
Dengan kulitnya yang garing, lumpia goreng ini sangat disukai oleh hampir semua orang Semarang. Lumpia goreng ini biasa di padukan dengan sambal kacang atau cabe rawit untuk orang-orang yang suka pedas. Tetapi, jika kamu ingin memakannya tanpa sambal atau cabe rawit, lumpia ini sudah pasti sangat enak loh!Wah, pasti kamu akan ketagihan jika sudah mencobanya.

Lumpia ini merupakan jenis makanan tradisional yang sangat beragam isiannya. Adapun isian dari lumpia goreng ini, antara lain adalah ayam, telur, sayuran-sayuran, serta udang. Lumpia goreng memang bisa kamu temukan dimana saja apa lagi di sekitar kota Semarang.

5.Nasi Gandul

Nasi gandul atau yang biasa disebut dengan Nasi Gandul (sega ghandul dalam bahasa Jawa), adalah makanan khas daerah Pati yang ada di Jawa Tengah. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai dan semur daging sapi.

Nasi gandul juga terlihat seperti makanan yang memiliki perpaduan antara soto dan gulai dengan kuah yang berwarna coklat kecoklatan yang rasanya gurih dan manis.
Kuliner khas pati (daerah pesisir Jawa Tengah) ini terkenal akibat desa gajah mati. Oleh karena itu, nama dari nasi gandul ini sering disebut-sebut dengan nasi gandul gajah mati. Meskipun makanan ini tidak berasal dari daerah tersebut, tetapi banyak pedagang yang berjualan nasi gandul dan tetap mencantumkan nama gajah mati pada spanduk tempat makan mereka.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Tengah kamu, jangan lupa untuk mencicipi nasi gandul ini ya. Banyak sekali rekomendasi di tempat makan dari nasi gandul. Pada awalnya, nasi gandul di perkenalkan oleh Warung Nasi Gandul Pak Meled.
Warung ini sudah lama berdiri sejak tahun 1955. Awal mula warung ini berdiri adalah dengan berjualan berkeliling, hingga sampai sekarang secara turun temurun sudah diwariskan kepadanya dan memutuskan untuk menetap sambil berjualan nasi gandul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *